Sabtu, 08 November 2014

hubungan antara individu,keluarga dan masyarakat



HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

Manusia tercipta sebagai makhluk sosial membutuhkan sesama begitu juga halnya dengan keluarga, masyarakat, dan individu. Tidak akan pernah ada keluarga , masyarakat apabila tidak ada individu. Individu merupakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Demikian keluarga dengan berbagai fungsi yang di jalankannya adalah dimana seorang individu mengalami prosessosialisasi yang pertama kalinya.
Sangat penting artinya dalam  mengarahkan terbentuknya individu menjadi seorang yang berpribadi. Sebagai bagian yang tak terpisahkandengan masyarakat, keluargamempunyai korelasi fungsional dengan masyarakat tertentu, oleh karena itu dalam proses pengembangan individu menjadikan seorang yang berkepribadian  hendaknya di arahkan sesuai dengan struktur masyarakat yang ada, sehingga seorang individu menjadi seorang yang dewasa ( mampu mengendalikan diri dan melakukan hubungan-hubungan sosial di dalam masyarakat yang cukup majemuk ).



INDIVIDU
Pengertian individu
 
Individu adalah sesuatu yang tidak dapat di bagi lagi, dalam artianya kita melakukan ataupun menjalankannya pada prinsipnya sendiri atau perseorangan. Perkembangan manusia sebagai manusia individu yaitu melalui proses pertumbuhan, perkembangan, pola pikir dan tingkah laku. manusia individu itu sendiri mempunyai ciri khas masing-masing sesuai dengan apa yang mereka kembangkan.  Ciri khas masing-masing tersebut yang menimbulkan perbedaan di antara individunya yang mejadikan mereka belajar untuk berdiri sendiri. Individu bukan halnya secara garis besar yang tak dapat dibagi lagi, Tetapi manusia individu kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan bukan sebagai manusia keseluruhan. Dapat di  katakana bahwa individu tidak hanya dalam arti keseluruhan maupun jiwa raga tetapi juga kepribadiannya seseorang tersebut yang seperti apa. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya manusia individu tidak terlepas dari peranan keluaga.

Faktor yang mempengaruhi individu
 Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan individu, yaitu:

  • Faktor biologis
Manusia di ciptakan oleh tuhan memiliki kaki ,kepala,tangan dll.. dalam kepribadian dan perilaku mereka mengembangkannya melalui pola pikirnya. Namun ada warisan biologis yang bersifat khusus. Artinya setiap individu tidak semua memiliki karakteristik fisik yang sama.
Contoh halnya: tinggi badan maupun berat badan

  •   Faktor geografi
Jika lingkungan individu di sekitar kita kurang baik, maka hal yang kita lakukan adalah menyesuaikan keadaan tersebut dan menghindari pengaruh tersebut. Dan individu yang baik akan memberikan pengaruh yang baik juga.
Contoh: antara pengajian dan premanisme

  •  Faktor keudayaan khusus
Perbedaan kebudayaan dapat mempengaruhi kepribadian anggotanya. Namun, tidak berarti semua individu yang ada di dalam masyarakat yang memiliki kebudayaan yang sama juga dan  memiliki kepribadian yang sama juga.
Contoh: orang medan yang memiliki marganya masing” di setiap keturunannya.
 Dari beberapa faktor tersebut di atas dan pengaruhdari lingkungan yang ada. Maka akan memberikan pertumbuhanbagi suatu individu. Seiring berjalannya waktumaka terbentuklah individu yang sama dan penyesuaian dengan lingkungannya.
Contoh kasus individu dan gambarannya:

Kenakalan remaja

Tak bisa di pungkiri kenakalan remaja kini sudah makin marak dimana-mana sebab minimnya pengawasan orang tua dan kurangnya mereka memberikan bekal kepada anak-anaknya. sebagian orang tua tersebut acuh menanggapi hal ini, seperi yang kita tau banyak kejadian-kejadian di luar sana seperti penggunaan narkoba,tawuran, meminum minuman keras dll. Ini merupakan contoh yan tidak baik bagi penerus bangsa kita.kebiasaan atau hal buruk seperti inilah yang harus kita kubur dan menanamnya sebuah manusia individu yang berprinsip dan berkomitmen.

KELUARGA

Pengertian keluarga
 
Keluarga adalah kelompok terkecil dalam bermasyarakat. keluarga sendiri mempunyai sekelompok orang yang di dalamnya memiliki hubungan darah satu sama lain yang bisa beranggotakan secara turun menurun.di dalam keluarga terdiri atas kepala keluarga ibu, maupun anak yang terkumpul atau terkelompokkan dalam suatu atap dalam keadaan saling berketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

Fungsi keluarga

Keluarga terbentuk karena adanya suatu perkawinan/hubungan antara laki-laki dengan perempuan yang mereka bangun untuk sebuah rumah tangga yang baik. Keluarga juga terbentuk karena memiliki landasan contoh hal nya saling mempercayai antara suami dengan istri. Prinsip inilah yang harus mereka jalankan dengan komitmen. Membicarakan fungsi keluarga, fungsi keluarga ialah :

  • Fungsi ekonomi
mensejahterakan kehidupan yang baik, karena itu merupakan cita-cita dari sebagian keluarga yang menginginkan hidup dengan bahagia. Bukan bahagia secara materi tetapi secara keutuhan sebuah keluarga tersebut.

  •  Fungsi sosialisasi
membentuk kepribadiaan dalam artian keluarga atau orang tua selalu mengajarkan kita dari usia dini yaitu untuk berbuat/melakukan hal yang baik dan berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.

  •  Fungsi agama
Mentaati kepada ajaran-ajaran agama yang mereka anut karena kehidupan bukan hanya di dunia saja tetapi di akhirat juga, yang membuat setiap keluarga memiliki keyakinan dan kepercayaannya masing-masing.

  • Memproduksi atau juga memperbaiki keturunan dalam sebuah keluarga merupakan suatu hal  yang wajar, karena sebuah keluarga menginginkan adanya sebuah keturunan yang menjadikan keluarga kecil tersebut menjadi keluarga besar.
  • Fungsi pendidikan
Mendapatkan pendidikan/ pembelajaran yang baik. Dengan pendidikan kita saling dapat bertukar pengetahuan dengan ilmu yang kita dapat.

  •   Salah satu kebutuhan manusia adalah kebutuhan rasa kasih sayang dan  pedulian antara sesama.

Contoh kasus dari keluarga dan gambarannya:

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)
Kekerasan dalam berumahtangga merupakan kejadian atau peristiwa dari suatu konflik atau pertikaian dalam berumah tangga. Yang sering kita dengar yaitu dengan diwarnai sebuah prtengkaran maupun berindikasi pemukulan terhadap satu pihak atau lebih. Sebaiknya hal tersebut alangkah baiknya di selesaikan secara kekeluargaan atau secara baik-baik. Jika sudah melakukan hal tersebut diri sendirilah yang menanggung sebuah resiko yang besar.





MASYARAKAT

Pengertian masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok manusia yang di ciptakan untuk menjalankan kehidupan, tanpa adanya masyarakat kehidupan tidak akan ada. Pada prinsipnya Masyarakat itu sendiri menjalankannya secara bekelompok atau bersama dengan memiliki tatanan kehidupan yang meluas dan beragam. karena kehidupan bermasyarakat membutuhkan berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesama baik itu berkerja sama ,bertukar pikiran, mengemukakan pendapat dan lain-lain.

Contoh kasus masyarakat dan gambarannya;
penjahat
dalam kehidupan bermasyarakat memang luas hal apa saja bisa terjadi, hal yang tidak di inginkan dan hal yang tak terduga bisa terjadi menerpa diri kita seperti pencurian, perampasan, penjambretan, penghipnotisan,pencopetan, penculikan dll. Dalam hal ini peran polisi sebagai masyarakat ialah menangkap para penjahat-penjahat liar yang acap kali menganggu/meresahkan masyarakat.   

 



daftar pustaka;

https://ginadamar.wordpress.com/2012/10/23/tugas-ilmu-sosial-dasar-iii-pertumbuhan-individu/
e-learning.gunadarma.ac.id (e-book)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar