Minggu, 30 November 2014

TULISAN 1


TULISAN 1

Pengalaman uji kompetensi

Sebelum penulisan ini di tulis , saya akan memberitahu bahwa uji kompetensi itu ialah ujian praktik kejuruan yang biasanya kita temukan di sekolah tingkat SMK. Di sini saya akan bercerita tentang uji kompetensi yang pada saat itu saya hadapi. Karena saya siswa jurusan teknik instalasi listrik, maka yang ditinjau dari penilaiannya praktek kerja lapangan. Sebelum uji kompetensi kami membuat terlebih dahulu makalah ataupun juga laporannya yang akan di lihat nanti oleh penguji bengkel. Dan juga mengambil kartu peserta uji kompetensi yang di ambil dari ketua kepala program teknik instalasi listrik. Setelah keduanyaa sudah, maka pada hari esok kami pun satu kelas menjalankan uji kompetensi tersebut. Hal yang pertama saya lakukan pada saat uji kompetensi ialah membuat rancangan panel 3 fasa dengan 2 motor secara berurutan, hal ini tidak mudah karena dalam uji kompetensi kami tidak di perbolehkan menggunakan skema/gambar. Proses uji kompetensi yang kedua adalah menghitung dan menggukur daya,tegangan,hambatan dengan menggunakan multitester lampu bohlam dan juga trafo. Uji kompetensi yang ketiga yaitu merancang instalasi rumah sederhana, seperti yang kemarin sudah disampaikan di penulisan  saya yang pertama. Jika dari ketiga praktik uji kompetensi ada salah satu yang remedial atau penggulangan misalnya sebuah rangkaian instalasi rumah sederhana tidak bisa nyala maka akan menggulang.
          Kemudian kalau dari ketiga praktik tersebut berhasil maka proses selanjutnya adalah test wawancara dengan penguji dari AKLI (Asosiasi Kontaktor Listrik Indonesia). Dalam test wawancara tersebut saya menjelaskan apa yang saya kerjakan dan saya lakukan pada saat praktik uji kompetensi beserta pertanyaan-pertanyaan yang harus di jawab oleh kita sebagai siswa teknik instalasi listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar