Sabtu, 18 Oktober 2014

pertumbuhan dan laju penduduk



‘‘ PERTUMBUHAN DAN LAJU PENDUDUK ’’



Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor penting daalam masalah social ekonomi



Populasi atau jumlah penduduk di Indonesia semakin bertambah dan meningkat pesat dari tahun ke tahun. Jumlah penduduk merupakan input potensial yang dapat di gunakan sebagai faktor produksi untuk meningkatkan produksi suatu rumah tangga maupun perusahaan, karena semakin banyak penduduk semakin banyak pula tenaga kerja yang di perlukan. Bukan hanya tenaga kerja tetapi juga yang terpenting lapangan pekerjaan.

Jadi bisa dikatakan secara garis besar penduduk berperan dalam masalah sosial ekonomi. Melihat perannya , penduduk dapat berperan sebagai objek, artinya penduduk merupakan faktor penting yang harus di bangun atau di tingkatkan kualitas hidupnya. Sedangkan sebagai subjek penduduk merupakan faktor atau pelaku pembangunan. Namun tanpa kita sadari memiliki keturunan dalam jumlah tidak terkendali (banyak), dapat menjadi ancaman bagi kelangsungan manusia itu sendiri dalam mencapai kehidupan yang lebih baik.

Oleh karena itu jumlah penduduk terus membludak, maka beberapa hal yang perlu di canangkan untuk mencegah membludaknya pertumbuhan penduduk yang semakin bertambah.

Cara yang bisa mencegah membludaknya pertumbuhan penduduk

*      Mencegah membludaknya penduduk dengan cara melakukan program KB (keluarga berencana) untuk membatasi jumlah anak dalam suatu keluarga secara umum maupun missal, sehingga mengurangi jumlah angka kelahiran.
*      Menunda massa perkawinan agar dapat mengurangi jumlah angka kelahiran yang tinggi.
*      Menggurangi membludaknya penduduk dengan program transmigrasi dengan menyebar penduduk pada daerah-daerah yang memiliki kepadatan penduduk rendahdi harapkan mampu menekan laju pengganguran akibat tidak sepadan atau tidak seimbang antara jumlah penduduk dengan dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia.
*      Meningkatkan kesadaran dan pendidikan kependudukan
*      Pemerataan pembangun, hal ini dapat terlihat di kota-kotayang merupakan titik sentra lpembangunan dan kegiatan ekonomi. Harus ada realisasi pembangunan tidak hanya di kota, tetapi juga di desa ataupun kabupaten.
*      Mengoptimalkan/ memfungsikan lahan dengan teknologi.


Kebudayaan merupakan bagian penting dalam pertumbuhan penduduk

Budaya merupakan salah satu unsur dasar dalam kehidupan sosial budaya. Dengan adanya pertumbuhan penduduk, budaya membuat kita akan belajar pola berfikirdan pola pergaulan dalam bermasyarakat. Budaya mencakup perbuatan atau aktivitas sehari-hari yang di lakukan oleh suatu individu maupun masyarakat, pola berfikir mereka, kepercayaandan ideology yang mereka anut.

 Kebudayaan yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang

Berbicara mengenai kepribadian dan kebudayaan, tidak lepas dari hubungan antara masyarakat dan kebudayaanmasyarakat dan kebudayaan merupakan perwujudkanatau abstraksi perilaku manusia. Kepribadian mewujudkan perilaku manusia .karena kepribadian merupakan latar belakang perilaku yang ada dalam diri seorang individu.
Pengaruh kebudayaan terhadap kepribadian sebaiknya di batasipada bagian kebudayaan yang secara langsung mempengaruhi kepribadian. Berikut tipe-tipe kebudayaan yang yang mempengaruhi kepribadian :
*      Kebudayaan atas saling kepercayaan, atau pun adat-istiadat yang kita ketahui kepercayaan masing-masing seseorang berbeda-beda.
*      Kebudayaan dalam hal agama, hal ini sama dengan kebudayaan yg pada intinya ialah kepercayaan yang berbeda prinsip dan berbeda-beda umat.
*      Kebudayaan berdasarkan profesi. Pekerjaan atau keahlian juga dapat member pengaruh terhadap seseorang. Dan itu semua berpengaruh pada suasana kekeluargaan dan cara-cara mereka bergaul.
*      Kebudayaan yang berkaitan  dalam cara/Pola hidup ataupun gaya hidup seseorang yang berbeda.

Penegrtian masyarakat

Menurut pandangan saya Masyarakat adalah seseorang yang di ciptakan untuk menjalankan kehidupan, tanpa adanya masyarakat kehidupan tidak akan ada. Pada umumnya Masyarakat itu sendiri menjalankannya secara bekelompok atau bersama. Masyarakat juga bisa di bedakan menurut suku, ras, dan chiefdom. Selain itu masyarakat biasa di bedakan menurut mata pencharian di wilayahnya dan lain-lain.


Daftar pustaka










Tidak ada komentar:

Posting Komentar