Rabu, 07 Januari 2015

tulisan 5





CARA MENGHITUNG NIALAI RESISTOR
Resistor merupakan alat atau komponen elektronik yang biasa anda lihat di papan PCB (printed circuit board).  Sebelum mengetahui cara menghitungnya kita harus tau apa fungsi maupun kegunaan benda tersebut. Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang di desain untuk mengatur atau juga menghambat tegangan listrik dan arus listrik, dengan resistansi tertentu. Oleh karena itu resistor memiliki warna cincin di pergelangannya, Warna cincin tersebutlah yang memberikan kode warna untuk dapat di ukur berapa nilai hambatannya pada cincin tersebut jika ingin di pasang pada suatu rangkaian elektronik yang akan kita rancang. Maka saya cantumkan gambar di bawah ini:



Dari gambar tersebut merupakan tabel atau kode warna untuk menghitung sebuah resistor dengan warna dari hitam,coklat,merah,orange,kuning,hijau,biru,ungu,abu-abu,putih dan dengan nilai toleransi adalah jika emas 5% dan perak 10%. Lihat contoh pembahasan di bawah ini.





Disini saya akan menjelaskan sedikit bagaimana proses menghitungnya pada gambar  tersebut. pembahasan tersebut telah di ketahui :
gelang 1, coklat yang bernilai 1
gelang 2,  hitam yang  bernilai 0
gelang 3,hijau yang  bernilai 10
gelang 4, perak yang bernilai 10%
maka ini adalahproses berhitungnya:
coklat          hitam           hijau            perak
1                  0                 10 00000     ±10%
1.000.000 Ω ± 10% dijadikan Mega ohm menjadi : 1 MΩ.
Sekiranya penyampaiannya, semoga dapat di pahami, mengerti  dan bermanfaat bagi pembaca.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar