Rabu, 07 Januari 2015

tulisan 6



Cara memasang saklar tukar dan beserta stopkontak
Sebelum saya membicarakan mengenai penulisannya, perlu di ketahui bahwa saklar tukar biasanya kita temukan  terdapat di hotel maupun lorong yang memang mencakup untuk jangkauan saklar tukar, karena agar lebih mudah bagi pengguna/konsumen untuk ruangan tersebut. Kita sebagai pengguna jangan bisanya hanya menikmatinya atau memanfaatkan saja sebuah benda tersebut, tetapi alangkah baiknya bila kita tahu cara memasangnya seperti apa. Barangkali jika anda, tahu suatu saat mencoba memasang menjadi tahu caranya seperti apa dan menjadi wawasan bagi kita juga.


Langkah pertama bagi anda adalah menyiapkan kabel, tang potong,tespen,obeng,yang tidak boleh tertinggal ialah saklar tukarnya dua buah, dll. Selanjutnya kupas kabel untuk mengkonek ke bagian saklar tukarnya. Saklar tukar memiliki tiga buah lubang, yaitu 1 untuk ke lampu dan sumber dan yang 2 lubang tersebut di pasang ke sesama saklar tukar. Untuk lebih jelasnya lihat skema yang sudah saya sediakan di bawah ini:






Dan cara untuk memasang stopkontak yaitu dengan mengupas dua kabel yang akan di konekkan pada bagian dua lubang stopkontak, kemudian masukkan satu-persatu ke dalam lubang tersebut. Jika stopkontak tersebut menggunakan ground/arde maka lilitkan pada bagian body dari stopkontak. Fungsi dari menggunakan ground/arde ialah sebagai pengaman arus bocor yang biasanya terjadi pada bagian barang elektronik. Untuk lebih jelasnya lihat skema stopkontak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar