1.
Definisi
Teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer
atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi
informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data
menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software),
komputer, komunikasi, dan elektronik digital. Sementara Definisi Multimedia
yaitu sarana atau alat. Kata multimedia sendiri sebenarnya sudah ada sebelum
komputer seperti saat ini dan lebih banyak di pakai di dunia hiburan seperti
pementasan teater multimedia yang sudah ada sejak lama yaitu satu bentuk
pementasan teater yang didukung oleh banyak alat bantu seperti pengeras suara,
lampu panggung, gambar bergerak pada latar dan sebagainya.
Maka dapat dikatakan bahwa teknologi informasi dan
multimedia merupakan suatu artian yang mengacu pada sebuah sistem dari sebuah
fungsional media, dimana teknologi informasi dan multimedia merupakan
keterkaitan antara dunia industri kreatif.
2.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Multimedia
Peranan teknologi informasi dan multimedia saat kini
sudah menjadi kebutuhan yang tidak pernah ditinggalkan karena dengan teknologi
ini tidak hanya menjadikan pekerjaan kita lebih mudah dan efisien, banyak
sekali manfaat dari sektor yang terbantu sekali dengan adanya teknologi
informasi dan multimedia ini, berikut adalah :
·
Bidang Pendidikan
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki
teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan
belajar-mengajar. Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran, Multimedia
membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran, Multimedia
menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan, Multimedia mampu
menjadi sumber pengetahuan, Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang
kaya dengan ilmu pengetahuan, Multimedia mampu menghibur selama proses
pembelajaran, Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan
teknologi terkini, Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah
pengajaran dan Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih
menyenangkan.
·
Bidang Pemerintahan
Mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh
pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai
kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa
merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui
sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world
wide web. Pada intinya adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat
meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak – pihak lain.
·
Bidang Keuangan Perbankan
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya
di kota – kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi
pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan
perbankan modern yang hanya ada di kota–kota besar ini dapat dimaklumi karena
pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota–kota besar saja, yang
menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota–kota besar. Sehingga sektor
perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit
banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis
Indonesia yang unik dan luas. Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah
lembaga keuangan / perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem
informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang
pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh,
seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada
layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan
mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit
saja.
·
Bidang Perfilman
Dalam bidang perfilman multimedia banyak sekali
dipakai tentunya untuk pengolahan gambar dan suara ini salah satunya
menggunakan multimedia dalam sisi software (rekayasa lunak) untuk menciptakan
gambar dan kualitas yang baik tentunya didukung multimedia software seperti
Corel Video Studio, Pinnacle Studio, MoviebMaker Pro, untuk Sound biasanya Sony
Vegas Pro konversi suara yang bagus.
·
Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan
yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk
menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan
setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan
pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam komputer.
·
Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor
kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran
darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. dengan bantuan Hardware
dan Software multimedia dokter bisa mendiagnosa secara realtime terhadap
pasien.
·
Bidang Perdagangan, Industri, Bisnis dan Startup
Tahun 2016 membuat sejarah terbaru para pelaku bisnis
dalam berbagai sudut seperti perkembangan Jaringan Teknologi 4G yang
memungkinkan akses multimedia semakin berkembang tidak menutup kemungkinan
dengan akses internet data yang super cepat membuat media ini menjadi pilihan
bagi masyarakat seperti halnya untuk kebutuhan VOIP atau bahkan Video Call
sekalipun.
3.
Multimedia dalam Kegunaan Umum
Tujuan dari penggunaan multimedia di antaranya,
Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian
suatu informasi, penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong
partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut, aplikasi
multimedia dapat merangsang panca indera dan perasaan penerimanya, karena
dengan penggunaannya multimedia akan merangsang beberapa indera penting
manusia, seperti: Penglihatan, pendengaran, gerak maupun suara. Dalam
pengaplikasiannya multimedia akan sangat membantu penggunanya, terutama dalam hal
belajar. Dalam hal ini secara khusus bagi masyarakat awam.
Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang
juga ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam
kehidupan sehari-hari, Internet telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat
dunia. Pada umumnya semua yang terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam
internet. Iklan internet mendefinisikan ulang arti dari iklan dalam tulisan
biasa. Iklan internet merupakan media kaya, dinamis, orang ke orang, interaktif
dan dapat menjangkau sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan
yang membayar operasi layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya
siaran televisi sehingga kita dapat menonton televisi tanpa membayar.
Menurut Sutopo (2003:22), Multimedia dapat digunakan
untuk bermacam-macam bidang pekerjaan, tergantung dari kreatifitas untuk
mengembangkannya. Setelah mengetahui defenisi dari multimedia serta
elemen-elemen multimedia yang ada, serta aplikasi-aplikasi yang saat ini
digunakan pada bidang kehidupan manusia, maka dapat diketahui bahwa tujuan dari
penggunaan multimedia adalah sebagai berikut :
1)
Multimedia
dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu
informasi.
2)
Penggunaan
multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta
eksplorasi pengguna tersebut.
3)
Aplikasi
multimedia dapat meransang panca indera, karena dengan penggunaannya multimedia
akan meransang beberapa indera penting manusia, seperti: Penglihatan, pendengaran,
aksi maupun suara.
4)
Multimedia
memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari dalam segala bidang,
seperti bidang pendidikan, bidang industri, bidang kesehatan dll. Baik untuk
pekerjaan, kegiatan di rumah, hiburan atau lain sebagainya.
5)
Bidang
jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik,
informatif, dan interaktif, dan lain-lain
4.
Internet Based
Web based jika diartikan ke bahasa Indonesia,
“berbasis-web”, atau “berbasis internet”. Dapat diartikan sebagai segala sesuatu
yang dapat diakses lewat web. Seperti layanan mail yahoo, wikimu juga dikatakan
sebagai “sesuatu” (read:forum) yang berbasis web, yang dapat diakses lewat
internet.
Suatu sistem atau proses yang menghubungkan siswa
dengan siswa yang lainnya maupun dengan suatu sumber pengetahuan, baik
instruktur, seorang ahli database maupun sebuah perpustakaan yang masing-masing
terpisah oleh suatu jarak dan harus berinteraksi baik secara synchronous maupun
asynchronous.
· Synchronous
adalah suatu sistem dimana interaksi antara komponen-komponen yang saling
berhubungan, dapat terjadi secara bersamaan atau real time.
· Asynchronous
adalah proses interaksi yang tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan.
Mungkin
terdapat sedikit kerancuan dengan berbagai istilah seperti e-learning,
online/internet learning, dan web based learning. Penulis mencoba menguraikan
sedikit perbedaan yang tampak pada ketiga istilah tersebut.
1) E-
learning adalah suatu konsep belajar berbasiskan teknologi baik itu teknologi
informasi, telekomunikasi, maupun digital.
2) Online/internet
learning mempunyai batasan yang lebih sempit, dimana teknologi yang digunakan
adalah teknologi informasi khususnya Internet. Belajar melalui e-mail, situs
web tertentu, dan semua aplikasi berbasis Internet.
3) Web
based learning adalah suatu sistem belajar jarak jauh berbasis teknologi
informasi dengan antarmuka web.
Di bawah ini merupakan beberapa perbedaan pokok antara
program atau situs web yang hanya menyampaikan infromasi dan situs web yang
menyampaikan materi pembelajaran, yaitu:
· Suatu
situs web yang hanya menampilkan informasi, tidak akan menyebabkan penerima
informasi merasa bertanggung jawab untuk melakukan suatu perbuatan atau
penampilan yang dapat diukur atau dinilai. Seringkali situs web seperti ini
menyajikan sesuatu yang umum untuk memberikan deskripsi mengenai gagasan maupun
tentang materi tertentu. Tujuannya mungkin untuk memperkuat minat, memberikan
orientasi apabila si penerima materi (pelajar) melakukan suatu perbuatan yang
dapat diukur dan dipertanggung jawabkan, maka situs web ini sudah melakukan
tugas instruksional)
· Sedangkan
situs web yang hanya menampilkan suatu pembelajaran, menyebabkan para penerima
program dapat membuktikan bahwa mereka telah melakukan proses belajar. Para
pengembang konten (content developer), instruktur dan siswanya bertanggung
jawab atas keberhasilan program instruksional tersebut dan harus dapat
menunjukan bukti keberhasilannya. Bahkan untuk situs web yang menyampaikan
aspek pembelajaran pun sangat bervariasi, maka klasifikasi sangat diperlukan
agar mudah untuk ditelaah dan dianalisa.
Daftar Pustaka :
https://rumahscience.wordpress.com/2016/03/20/konsep-dasar-teknologi-informasi-multimedia-dan-sejarah-perkembangannya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar