1. Multimedia
Multimedia berasal dari
dua kata yaitu multi dan media, multi berarti beberapa dan media berarti sarana
atau alat. Kata multimedia sendiri sebenarnya sudah ada sebelum komputer
seperti saat ini dan lebih banyak di pakai di dunia hiburan seperti pementasan teater
multimedia yang sudah ada sejak lama yaitu satu bentuk pementasan teater yang
didukung oleh banyak alat bantu seperti pengeras suara, lampu panggung, gambar
bergerak pada latar dan sebagainya.
Di dunia home
electronics juga di kenal televisi digital multimedia yang artinya televisi
tersebut dapat mendukung penggunaan banyak alat seperti menerima masukan dari
cd player, game player dan lain sebagainya. Masuk ke dunia komputer yang
booming dengan multimedia ketika produk sound card, produk tv card, produk
graphic card masuk sebagai perluasan fungsi komputer pada dekade 90-an. Saat
itu komputer menjadi semakin fleksibel penggunaannya tidak hanya untuk
melakukan kegiatan komputing seperti pada awal awal kehadiran komputer tetapi
memiliki fungsi tambahan untuk memainkan lagu, menerima sinyal televisi,
memainkan film dan sebagainya. Produk ini laku di pasaran dan saat ini semua
device tambahan tersebut menjadi standar untuk semua produk komputer khususnya Personal Computer.
2. Jenis-Jenis
Multimedia
Dalam sistem pengoperasiannya secara kompleks
multimedia dibedakan menjadi beberapa jenis-jenis antara lain:
·
Multimedia Interaktif
Pengguna/user
dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia akan
ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game,
CD interaktif, apilkasi program, virtual
reality,dll
·
Multimedia Hiperaktif
Multimedia jenis ini mempunyai struktur dengan elemen
elemen terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan (link) dengan
elemen elemen multimedia yang ada. Isitilah Richmedia juga dipakai untuk
menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh: world
wide web, web site, mobile banking, Game online, dll
·
Multimedia Linear/Squential
Multimedia Liner adalah jenis multimedia yang berjalan
lurus. Multimedia jenis ini bisa dilihat pada semua jenis film, tutorial video,
dll. sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya
ada interaksi antara media dengan pengguna media melalui bantuan komputer,
mouse, keyboard dan sebagainya. Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol
navigasi dari pengguna. Penyajian multimedia liner harus berurutan atau
sekuensial dari awal sampai akhir. Contoh: Movie/film,
e-book, musik, siaran TV
·
Multimedia presentasi pembelajaran
Multimedia presentasi pembelajaran adalah alat bantu
guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara
keseluruhan. Contohnya Microsoft Power Point.
·
Multimedia pembelajaran mandiri
Multimedia pembelajaran mandiri adalah sofware
pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan
guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge
dan tacit knowledge , mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi
termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe
Flash.
·
Multimedia kits
Multimedia kits adalah kumpulan pengajaran atau bahan
pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir
sekitar topik tunggal. yang termasuk diantaranya yaitu seperti CD-ROM, slide,
kaset audio, gambar diam, , transparasi overhead dll. Keunggulan multimedia
kits membangkitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi mekanisme
ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan
yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).
·
Hypermedia
Dokumen berurut non terdiri dari teks, audio,informsi
visual disampan dalam komputer. contohnya adalah dengan pembelajaran
menggunakan link pada sebuah web.
·
Media Interaktif
Sistem ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran
yang direkam visual,suara,dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer
untuk tinjauan yang tidak tidak hanya melihat dan mendengar gambar dan suara
tetapi juga membuat tanggapan aktif.
·
Virtual realitas
adalah media yang dapat disulasiakn tempat di dunia
nyata. Keunggulan: untuk digunakan menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi
umumnya terkait dengan mendalam,sangat visual,3D lingkungan.
3. Perangkat
Multimedia
Pengertian Hardware
Hardware (Perangkat Keras) : Suatu komponen yang ada
pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik.
Sementara itu, contoh dari hardware itu sendiri yakni :
·
Perangkat
Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari
pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard,
joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
·
Perangkat
Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah
diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
·
Perangkat
Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang
telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya
seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya.
Perangkat yang mendukung terciptanya multimedia
1)
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting
dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file.
2)
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi
alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
3)
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk
mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam hard disk ataupun
floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya
adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner
hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu.
4)
Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau
memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat
berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating.
5)
Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat
rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada
monitor.
6)
Sound Card
Sound Card adalah perangkat yang terhubung pada papan
induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol
suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker.
Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan
MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
7)
Kartu Grafis
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi
yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar.
Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya
tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis
menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV,
menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4.
8)
Kamera digital
Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari
obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga
yang menggunakan sensor CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format
digital ke dalam media simpan digital.
Pengertian Software
Perangkat lunak (software) adalah istilah umum untuk
data yang diformat dan disimpan secaradigital, termasuk program komputer,
dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh
komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
1)
Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen
dalam data processing sistem, berupa program-program untuk mengontrol
bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi
tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem
multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
2)
Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa
yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya
Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java.
3)
Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari Sistem operasi
(Operating System) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME,
Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat
lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi
Antivirus.
4)
Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan
aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang
beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling
dan animasi.
5)
Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya
Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan
beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer,
KWriter dan Abi Word.
6)
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian
yaitu:
·
Grafik
2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
·
Grafik
2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
·
Animasi,
misalnya Macromedia Flash.
·
Perangkat
Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D Contoh dari perangkat lunak Animasi dan
modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender
dan lain sebagainya.
7)
Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan
peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan
dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui
penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring,
sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya
Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar