Jumat, 29 September 2017

Organisasi Komputer Dasar


1.    Organisasi Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Perbedaan secara umum:
Organisasi Komputer
§  Bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional
§  Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Arsitektur Komputer
§  Atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
§  Contoh: set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebuah komputer moderen/digital dengan program yang tersimpan di dalamnya merupakan sebuah system yang memanipulasi dan memproses informasi menurut kumpulan instruksi yang diberikan. Sistem tersebut dirancang dari modul-modul hardware seperti :
1.      Register
2.      Elemen aritmatika dan logika
3.      Unit pengendali
4.      Unit memori
5.      Unit masukan/keluaran (I/O)
Komputer dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :
1.      Unit pengolahan pusat (CPU)
2.      Unit masukan/keluaran (I/O)
3.      Unit memori
Organisasi dasar dari sebuah komputer dapat ditunjukan pada blok diagaram pada gambar di bawah ini :



Gambar 2.1  Blok Diagram

CPU mengendalikan urutan dari semua pertukaran informasi dalam komputer dan dengan dunia luar melalui unit I/O. Sedangkan unit memori terdiri dari sejumlah besar lokasi yang menyimpan program dan data yang sedang aktif digunakan CPU. Ketiga unit tersebut dihubungkan dengan berbagai macam bus.

2.    Inter Koneksi Antar Komponen
Bus adalah sekelompok kawat atau sebuah jalur fisik yang berfungsi menghubungkan register-register dengan unit-unit fungsional yang berhubungan dengan tiap-tiap modul. Informasi saling dipertukarkan di antara modul dengan melalui bus. Berdasarkan itu bus mempunyai 3 macam dengan pemrosesan dengan sesuai pada kinerjanya masing-masing:
·      Bus data
Adalah jalur-jalur perpindahan data dalam sistem komputer. Sifatnya dua arah, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini.
·      Bus Alamat
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Bus alamat biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
·      Bus pengendali
Bus pengendali digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Bus data dan Bus alamat. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Daftar Pustaka:
Yulisdin Mukhlis, Organisasi & Arsitektur Komputer, PDF 28 september 2017 06.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar