Senin, 08 Desember 2014

TULISAN 3



Membicarakan tentang Panel listrik

   


Menjadi siswa smk kelistrikan tak asing lagi bagi saya jika membicarakan tentang panel, yang saya ketahui bahwa  panel listrik ialah box atau wadah dari pengatur sumber listrik bagi rumah besar atau gedung bertingkat. Di dalam panel itu sendiri yang pernah saya liat yaitu sebuah kontaktor,mcb,mccb,papan pcb untuk penghantar netral,timer,push button,lampu indicator,tobol emergrncy dll. Awal saya mengetahui panel tersebut ketika pkl(magang) pembimbing memberitahukannya. Jika di sekolah smk kami belajar materi tersebut ketika kelas sebelas. Banyak rangkaian panel yang di pelajari, panel sendiri secara dalam materi merupakan tergolong arus kuat. Jadi dalam pengerjaannya kita harus mengikuti prosedur pengamanan agar tidak terjadi kecelakaan pada saat kita bekerja. Dalam bangku kuliah juga merupakan tergolong arus kuat yang pastinya metode pembelajarannya bukan mendasar lagi seperti smk. Dan jangan kaget kalian jika melihat panel mempunyai banyak percabangan kabel, jika kita nanti belajar bersungguh-sungguh akan mengerti. Pada saat kelas dua belas di sekolah saya  kemarin sempat di adakan selesksi masuk PLN yang merupakan arus kuat, memang setipa tahunnya ada penyeleksian dari PLN unuk rekrut dari sekolah kami. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar